Jumat, 16 Maret 2012

Monumen Tsunami "Aceh Thanks the World" Lapangan Blang Padang


Monumen Tsunami "Aceh Thanks the World", terletak di Taman Kota Blang Padang, area seluas 8 hektar ini menyimpan banyak kisah, namanya semakin populer karena seringnya pemberitaan tentang tragedi tsunami Aceh di penghujung 2004 silam, Monumen ini berbentuk gelombang tsunami. Lapangan Blang Padang merupakan ruang terbuka yang ramai dikunjungi warga Aceh, terutama hari libur, disamping itu lapangan ini juga digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti upacara 17 Agustusan, konser musik, pameran, dll.

Monumen ini dibangun sebagai bentuk ucapan terima kasih rakyat Aceh kepada masyarakat dunia, yang telah turut serta membantu Aceh pasca tsunami 2004.

Walk of Frame Tsunami, lantai didepan monumen dpenuhi prasasti-prasati yang memuat berbagai hal tentang tsunami, jumlah korban tewas dan hilang, panjang jalan yang hancur, jumlah jembatan yang musnah, jumlah warga yang mengungsi dll.


Disepanjang joggingtrack yang mengelilingi lapangan Blang Padang sepanjang 1 km, terdapat 53 "Plakat Thanks You And Peace", plakat yang berbentuk kapal yang hampir tenggelam merupakan bentuk terima kasih masyarakat Aceh kepada 53 negara dan masyarakat dunia yang telah membantu Aceh pasca tsunami, dimasing-masing plakat tersebut terdapat bendera dan tulisan  'Terima Kasih dan Damai' dalam bahasa negara bersangkutan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar